Rabu, 14 Januari 2015

alam barzakh

abu said al-khudri menuturkan, 'Rasulullah SAW masuk ke tempat sholatnya dan melihat para sahabat ramai berbicara. maka Rasulullah SAW bersabda, "dengarkanlah, kalau saja kalian mengingat penghancur semua jenis kesenanga, tentu kalian tidak akan melalukan apa yang aku lihat. sering-seringlah mengingat penghancur semua jenis kesenangan yaitu kematian. sebab, setiap jenis kuburan selalu mengatakan, 'aku rumah keterasingan, aku rumah kesepian, aku rumah tanahdan aku rumah cacing tanah. '
apabila seorang hamba beriman dikuburkan, kuburan berkata padanya, 'selamat datang aku ucapkan. ketahuilah, sebelum ini kamu adalah orang yang paling aku cintai di antara orang-orang yang berjalan di atasku. dan karena sekarang aku telah diberi kekuasaan atasmu dan kamu sudah datangpadaku, kamu akan segera melihat tindakanku padamu'.
lalu kuburan menjadi luas sejauh mata memandang dan pintu surga dibukakan untuknya.

tapi, apabila seorang hamba yang jahatatau kafir dikuburkan, kuburan berkata padanya, 'tidak ada ucapan selamat datang untukmu. ketahuilah, sebelum ini kamu adalah orang yang paling aku benci di antara orang-orangyang berjalan di atasku. dan karena sekarang kamu sudah datang padaku dan aku diberi kekuasaan atasmu, maka kamu akan segera melihat tindakanku padamu'.
lalu kuburan menghimpitnya hingga semua tulang rusuknya menjadi berhimpitan.

lalu Rasulullah SAW mengeluarkan jari-jemarinya dan memasukkan sebagiannya ke sebagian yang lain seraya bersabda, "lalu, 70 ekor ular besar dikirimkan ke tempatnya. andai salah satu dari ular tersebut meniup ke bumi, tentu bumi tidak akan mampu menumbuhkan apapun selama-lamanya. lalu mereka menggigit dan mencakarnya bersama-sama hingga dia dikeluarkan untuk dihisab. kuburan adalah salah satu taman dari taman-taman surga. atau salah satu lubang dari lubang-lubang neraka" (HR Tirmidzi)



anas bin malik mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, "seorang hamba ssudah diletakkan di kuburannya dan ditinggalkan rekan-rekannya-dan ia mendengar suara sandal mereka-didatangi 2 malaikat yang mendudukkannya dan ditanya, 'apa pendapatmu tentang orang ini yakni Muhammada SAW?'
seorang mukmin akan menjawab, 'aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan rasul-Nya'. kedua malaikat itu memberitahu,'lihatlah tempatmu di neraka. Allah Azza wa Jalla telah menggantinya dengan tempat di surga'.
dan ketika orang jahat atau munafik ditanya, ''apa pendapatmu tentang orang ini yakni Muhammada SAW?'
mereka menjawab, 'aku tidak tahu. dulu aku mengatakan apa yang dikatakan orang banyak'. maka dikatakan padanya, 'kamu tidak tahu dan tidak beriman.'. kemudian dia dipalu di antara kedua telinganya dengan palu-palu yang terbuat dari besi hingga ia menjerit dengan jeritan yang didengar semua yang ada di dekatnya kecuali bangsa jin dan manusi" (HR Bukhari Muslim)



abdullah ash-shan'ani menuturkan,  'aku bermimpi bertemu dengan yazid bin harun 4 hari sesudah kematiannya. aku menanyainya, "apa yang dilakukan Allah terhadapmu?"
"Allah menerima semua kebaikanku dan memaafkan semua dosaku", jawab yazid bin harun.
abdullah ash-shan'ani bertanya lagi,"apa yang terjadi sesudah itu?"
"Dzat yang Maha Pemurah hanya mempunyai kemurahan. Allah mengampuni semua dosaku dan memasukkanku ke surga", jawab yazid bin harun
"karena amalan apa kamu memperoleh apa yang telah kamu peroleh?" tanya abdullah ash-shan'ani
"kehadiranku di majelis-majelis ilmu, ucapanku yang benar, perkataanku yang  jujur, berdiriku yanglama ketika sholat dan kesabaranku dalam menghadapi kemiskinan", jawab yazid bin harun
abdullah ash-shan'ani bertanya kembali, "munkar-nakir benar adanya?"
"benar, demi Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia. mereka telah mendudukkanku dan menanyaiku, 'siapa tuhanmu? apa aggamamu? siapa nabimu?'
lalu aku membersihkan jenggotku yang putih dari debu dan bertanya, 'orang sepertiku masih ditanya? aku yazid bin harun  al-wasithi. aku tinggal di dunia selama sekitar 60 tahun mengajar manusia.'.
salah seorang dari malaikat mengatakan, 'dia benar. dia memang yazid bin harun. tidurlah sebagai pengantin. kamu tidak akan pernah bersedihh lagi sesudah ini untuk selamanya"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar