Senin, 23 Februari 2015

TRANSPORTASI DI ARAB SAUDI

Saat ini, wilayah kerajaan Arab Saudi dihubungkan dengan jaringan transportasi modern yang jumlahnya mencapai lebih dari 170 ribu km. Jaringan jalan besar menghubungkan kota dan berbagai wilayah daerah pegunungan. Jalan tersebut termasuk jaringan terowongan yang dibekali dengan berbagai peralatan modern di Mekkah dan Madinah.

Transportasi antar kota
Armada penerbangan Saudi Arabian Airlines menguasai seluruh rute domestik. Sedang perusahaan bis, Saudi Arabian Public Transport Company (SAPTCO) beroperasi secara terbatas dalam kota. Jaringan jalan antar kota dihubungkan dengan jalan tol tanpa bayar.

Transportasi dalam kota
Transportasi umum dalam kota menandalkan mobil pribadi. Taksi juga merupakan moda transportasi yang banyak dipergunakan. Meski pemerintahan menetapkan sistem pembayaran dengan perhitungan meter, namun saat musim haji, biasanya ongkos taksi ditentukan dengan tawar-menawar.

Transportasi antar negara
Turis bisa memasuki Arab Saudi melalui jalur darat lewat Amman (Yordania) ke Damman, Madinah dan Jeddah. Tersedia jalur darat menuju Yaman (dari Jeddah), Kuwait, Qatar dan Uni Emirat Arab. Bis internasional melayani jalur perjalanan antara Arab Saudi, Bahrain, Mesir, Yordania, Qatar, Suriah, Turki dan Uni Emirat Arab.

Pelabuhan
Terdapat jaringan dermaga besar di Jeddah, Damman, Jubail, Yanbu, Jazan. Pelabuhan Islam Jeddah (Islamic Jeddah Port) merupakan pelabuhan terbesar di kawaan timur tengah dan Afrika. Pelabuhan tersebut juga merupakan pinu masuk utama ke wilayah Arab Saudi. Selain melayani lalu lintas expor-impor, pelabuhan tersebut memiliki berbagai fasilitas modern. Pelabuhan Laut Jeddah masih digunakan untuk berlabuhnya kapal yang membawa jamaah haji terutama dari berbagai negara yang berada di kawasan teluk Afrika 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar