Kamis, 05 Februari 2015

CARA MENCEGAH OSTEOPOROSIS

Mengkonsumsi protein kalsium dan vitamin D dalam jumlah cukup sesuai kebutuhan tubuh. Selain itu, lakukan latihan fisik secara teratur. Latihan untuk mencegah ostoeporosis yang dimaksud adalah latihan yang bersifat menahan beban dan memperkuat otot serta keseimbangan diperlukan untuk meningkatkan ketangkasan, menurunkan resiko jatuh dan patah tulang.

Menghindari konsumsi barang yang haram, mengurangi kafein dan menjauhi rokok. Zat nikotin dalam rokok mempercepat proses penyerapan tulang. Nikotin juga bisa menurunkan aktivitas estrogen dalam tubuh sehingga susunan sel tulang lemah dalam menghadapi proses pelapukan. Kafein dan alkohol juga bersifat racun yang dapat menghambat proses pembentukan massa/kepadatan tulang (osteoblas).

Melakukan pemeriksaan densitas massa tulang bagi wanita yang sudah berumur 65 tahun dan pria 70 tahun. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan setiap 2 tahun. Selain  itu, menggunakan penyangga tubuh yang sesuai serta menggunakan pelindung panggul bagi yang memiliki resiko terjatuh yang tinggi. Pegangan pada tangga juga perlu disediakan di tempat yang memiliki lantai lebih dari satu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar