Kamis, 05 Maret 2015

RAMADHAN DI PERANCIS

Umat islam di Perancis mempunyai kebiasaan untuk membuat kalender ramadha yang tidak hanya berisi jadual imsakiyah, tapi juga aktivitas selama ramadhan. Kalender tersebut tidak hanya berguna sebagai panduan jadual imsak dan maghrib, tapi juga sebagai cara untuk mengungkapkan identitas kebudayaan umat islam.
Kalender ramadhan yang beredar di Perancis tersebut menggunakan berbagai macam bahasa dan disebarluaskan melalui masjid dan toko di wilayah yang banyak muslimnya. Umat islam di Perancis juga menyebarkan kotak amal di berbagai toko dan swalayan untuk mengumpulkan sumbangan dari para dermawan.
Aktivitas ini sudah dimulai sejak tahun 2002. Hasil sumbangan yang dikumpulkan, kemudian disebarluaskan di 22 negara islam. Masjid di Paris juga menjadi tempat berbuka puasa. Buka puasa pun tidak hanya dibatasi kaum muslim, kaum non-muslim juga dapat hadir. Kegiatan buka bersama tersebut sekaligus menepis pandangan bahwa islam adalah agama yang terbatas dan tertutup serta akan membuka pintu bagi orang-orang yang beragama lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar